Lokabina Kalpavriksha II: Patriot, Sopan dan Ksatria

Salam Pramuka!

Lokabina Kalpavriksha merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Racana Nara-Stri Kalpavriksha UI. Tahun ini merupakan tahun kedua kegiatan pembinaan ini dilakukan. Tujuan kita menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan melalui sesuatu yang menyenangkan bagi para peserta. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 25 Mei 2014 di Kampus Universitas Indonesia Depok dengan jumlah peserta sebanyak 117 orang dan panitia sebanyak 22 orang.

Membawa motto “Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana”, kegiatan ini dibuka dengan upacara pembukaan kegiatan yang diikuti oleh seluruh panitia, pembina dan peserta yang sudah hadir. Petugas upacara sendiri berasal dari panitia dan peserta lho! Suasana pagi yang cukup terik membuat upacara pagi itu terasa menyenangkan

1

Setelah upacara pembukaan selesai, peserta dikumpulkan untuk sesi perkenalan dan pembagian kelompok. Setiap anggota penggalang yang hadir dikelompokkan di kelompok mereka yang baru secara acak, hal ini bertujuan untuk melatih kekompakan tiap individu. Setelah para peserta dikelompokkan, mereka diwajibkan membuat bendera sebagai identitas kelompok mereka.

2

Sementara peserta Lokabina dikelompokkan, rangkaian acara Lokabina Kalpavriksha yang lain, yaitu Lomba Mewarnai juga sedang berjalan lho! Banyak anak-anak dengan range usia 4-9 tahun mengikuti lomba mewarnai ini. Tujuan kita membuat lomba mewarnai sendiri adalah sebagai wadah bagi anak-anak pengunjung yang hadir dan menyisipkan penanaman karakter yang baik, berupa berbagi, kesabaran dan ketelitian.

3

Mekanisme Lokabina Kalpavriksha II adalah wide game, dimana para peserta dibiarkan berpetualang di lingkungan Universitas Indonesia untuk mengikuti alur yang mengarah ke tiap-tiap pos yang ada. Menyenangkan, bukan?

Sementara para peserta bersenang-senang di tiap-tiap pos, lomba mewarnai sudah hampir selesai lho! Para peserta lomba yang selesai mendapatkan konsumsi berupa susu. Hehe, kebayang gak gimana imutnya mereka? Lomba mewarnai ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah kepada pemenang sekitar 15 menit setelah hasil karya peserta dikumpulkan. Dan inilah salah satu pemenang kita!

4

Seusai acara wide-game selesai, para peserta mulai kembali ke titik temu awal. Ada yang lelah, lapar, haus, namun mereka tetap antusias mengikuti acara ini. Konsumsi dibagikan ketika para peserta berkumpul di tim mereka masing-masing. Mereka juga diberikan waktu untuk istirahat dan beribadah.

5

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Share and Care yang dibuka oleh kak Arif, disana, seluruh panitia berkenalan dengan para peserta. Di share and care inilah para peserta menumpahkan perasaan, pengalaman, atau apapun yang ingin mereka sampaikan. Dengan begitu, suasana hangat dan menyenangkan tercipta dengan sendirinya.

6 7

Lokabina Kalpavriksha ditutup dengan upacara penutupan, penyematan pin Lokabina Kalpavriksha II dan senyuman dari seluruh panitia dan peserta.

8 9 10

Sambil menyanyikan lagu perpisahan, seluruh partisipan acara mulai bersalaman dan berpamitan. Senyuman hangat dan harapan menjadi penutup acara ini. Yakinlah bahwa setiap pertemuan selalu memiliki arti. Karena itu, kita harus menghargai setiap orang yang kita temui. Yakinlah bahwa kita tidak pernah sendiri, lihatlah sekeliling kita dan tularkan karakter baik kita. Salam pramuka!

(Imas Yuliani)

 

2 Responses to “Lokabina Kalpavriksha II: Patriot, Sopan dan Ksatria

  • Essy Arijoeni
    3 years ago

    Salam Pramuka,
    Selamat dan sukses bagi adik-2 yang telah mengambil dan melaksanakan kegiatan Lokabina Kalpavriksha ……… Kegiatan yang sangat bagus dan terpuji. Kembangkan ini dan ajaklah masyarakat sekitar DEPOK. Maju terus …… Semangat ….. Panjang berhenti…….

    Salam.

  • om ruru
    2 years ago

    awesomee… !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *