Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari di Pulau Sebatik

Hai kawan, mari kita renungkan

apalah arti sebuah perbedaan

Susah senang kita lalui bersama

Pahit manis kita rasakan bersama

Kiri kanan atas bawah tengah

Kiri kanan atas bawah tengah

Tujuan kita adalah

Pulau Sebatik

Pada 28 Desember 2011 sampai 19 Januari 2012 lalu UKM Pramuka Sekar Kalpavriksha Universitas Indonesia mengirimkan tiga orang perwakilannya dalam acara Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari Nasional ke Pulau Sebatik, Kalimantan Timur. Lagu di atas hampir selalu didendangkan di setiap kegiatan baik di atas kapal maupun saat transit di daratan. Berikut cerita seru Kak Suci, Kak Wulan, dan Kak Elma selama mengikuti kegiatan tersebut.

Ini dia kapal yang bawa kami ke Pulau Sebatik: Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990

KRI Soeharso

Kapal ini merupakan jenis kapal bantu rumah sakit yang memiliki badan kapal sepanjang 122 meter dan lebar 22 meter. Tinggi anjungannya mencapai 25,4 meter. Kapal 11394 ton ini memiliki tugas pokok sebagai kapal bantu rumah sakit, evakuasi medis, dan melaksanakan SAR. Dalam proses evakuasi medis KRI dr. Soeharso menggunakan LCU (Landing Craft Utility), Helly, dan Hovercraft. Sementara pada saat-saat tertentu, kapal yang dibuat di Korea pada 1992 ini memiliki tugas tambahan untuk mengangkut material atau personil.

Akomodasi ruangan dalam kapal terbagi atas enam deck (lantai) yang diberi nama sesuai dengan urutan huruf abjad, yaitu A sampai F.

deck A  : Car Hold                        deck D  : Crew Room

deck B  : Troops Room              deck E   : Officer Room

deck C  : Hospital Room           deck F   : Bridge Room

Hellysebagai kapal bantu rumah sakit, Hospital Room menjadi semacam ruangan yang menggambarkan suasana rumah sakit di darat. Segala macam poli yang terdapat di rumah sakit darat juga dapat ditemukan di sepanjang deck C ini. Fasilitas kesehatannya sendiri setingkat dengan rumah sakit kelas B dan dipimpin oleh pamen. Pada masa pelaksanaan tugas rumah sakit ini dilengkapi oleh dokter spesialis di bidang bedah umum, bedah jantung, mata, penyakit dalam, anestesti, cardiologi, kebidanan,  gigi, THT, dan juga terdapat dokter umum.

Untitled

2 Responses to “Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari di Pulau Sebatik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *